IMPLEMENTASI MODEL PEMBINAAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Marzuki, Marzuki and Samsuri, Samsuri and Mukhamad, Murdiono (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBINAAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Unggulan UNY.

[img] Text
5. Artikel Karakter 2011.doc

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model pembinaan karakter siswa berbasis pendidikan agama melalui ujicoba di beberapa SMP di DIY dan ingin menemukan model pembinaan karakter yang seharusnya dikembangkan di kalangan siswa SMP yang berbasis pada pendidikan agama di DIY dan di luar DIY. Penelitian ini merupakan riset dan pengembangan (R&D) yang dirancang tiga tahap. Pada tahap dua (2011) penelitian ini berupa pengembangan model pembinaan karakter bagi siswa SMP di DIY berbasis pendidikan agama yang diterapkan di sepuluh SMP di DIY. Teknik pengumpulan datanya dengan pengamatan, wawancara, FGD, dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan karakter yang sudah dikembangkan belum sepenuhnya diimplementasikan di sekolah-sekolah yang dijadikan sampel. Ada SMP yang cukup komprehensif mengimplementasikan model pembinaan karakter di sekolah dan didukung oleh semua warga sekolah serta kurikulum dan kultur sekolah yang cukup memadai, yaitu SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini juga telah menghasilkan model pembinaan karakter yang lebih komprehensif yang bisa diimplementasikan di SMP di Yogyakarta maupun di sekolah-sekolah dan tempat-tempat di luar Yogyakarta.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011
Uncontrolled Keywords: Pembinaan karakter, siswa SMP, Pendidikan Agama, Yogyakarta
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:39
Last Modified: 09 Oct 2019 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26396

Actions (login required)

View Item View Item