PENGEMBANGAN MODEL PANDUAN PENDIDIK PENGAJARAN SASTRA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Maman Suryaman, Dr. and Wiyatmi, Wiyatmi and Hartono, M.Hum and Anwar, Efendi (2011) PENGEMBANGAN MODEL PANDUAN PENDIDIK PENGAJARAN SASTRA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. [Experiment/Research]

[img] Text
laporan hasil penelitian-UNGGULAN-maman-2011.doc

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model panduan pendi�dik pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dirancang dalam dua tahap, selama dua tahun. Pada tahun pertama (2011) penelitian berupaya mengungkapkan persepsi guru mengenai pembelajaran sastra, persepsi guru mengenai pendidikan karakter, minat baca guru terhadap sastra, kebiasaan guru membaca sastra, kebiasaan guru meneliti melalui tindakan kelas, kebiasaan guru membaca referensi untuk pengajaran bersastra, portofolio guru mengenai perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PTK, dan karya tulis lainnya), persepsi siswa mengenai pembelajaran sastra di kelas, persepsi siswa mengenai bahan ajar sastra di dalam buku teks pelajaran, minat dan kebiasaan siswa membaca sastra, serta upaya-upaya MGMP Bahasa Indonesia untuk mengembangkan kemampuan guru mengajarkan bahasa Indonesia, khususnya pengajaran bersastra yang berbasis pendidikan karakter. Dengan menggunakan teknik multistage purposive sampling, penelitian dilakukan dengan melibatkan 10 guru bahasa Indonesia, 150 siswa kelas 2 dari 10 sekolah, serta empat ketua MGMP kabupaten/kota dan satu ketua MGMP provinsi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah human instrument, wawancara, observasi, angket, dan format penelaahan. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa .persoalan yang dihadapi oleh para guru adalah kurangnya sumber-sumber pengayaan untuk mengem�bangkan pembelajaran sastra, baik dalam bentuk perangkat pembelajaran maupun praktinya di kelas, yang diintegrasikan dengan pendidikan karak�ter. Oleh karena itu, diperlukan buku panduan pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Dengan demikian, tahap berikutnya akan dikembang�kan buku panduan pengajaran sastra sebagai buku panduan pendidik pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011
Uncontrolled Keywords: buku panduan, pengajaran sastra, karakter
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:35
Last Modified: 21 Sep 2015 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item