Profil Dimensi Kognitif Siswa SMA/MA Kelas XI Kota Payakumbuh pada Mata Pelajaran Fisika melalui Evaluasi Konteks, Masukan, dan Proses

Andriani, Riza (2015) Profil Dimensi Kognitif Siswa SMA/MA Kelas XI Kota Payakumbuh pada Mata Pelajaran Fisika melalui Evaluasi Konteks, Masukan, dan Proses. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-riza-andriani.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kualitas komponen konteks, masukan, proses, dan profil dimensi kognitif serta mengetahui komponen yang memberikan sumbangan lebih guna memperoleh capaian dimensi kognitif yang lebih baik untuk siswa kelas XI SMA/MA kota Payakumbuh pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP. Komponen konteks mengacu pada materi pelajaran fisika, tujuan, dan dukungan terhadap pembelajaran. Komponen masukan terdiri dari kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi guru fisika, motivasi belajar fisika siswa, sarana prasarana, dan lingkungan sekolah. Komponen proses terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan pembelajaran fisika. Komponen produk merupakan profil dimensi kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di 9 SMA/MA kota Payakumbuh dengan penggunaan sampel jenuh yang terdiri dari 900 orang siswa kelas XI jurusan IPA, dan 12 orang guru fisika, 9 orang kepala sekolah, 9 orang pegawai/ketua perpustakaan, dan 9 orang laboran/ketua labotatorium fisika. Pengumpulan data untuk komponen konteks menggunakan angket dan wawancara, untuk komponen masukan menggunakan angket, wawancara, dan observasi, untuk komponen proses menggunakan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi, dan untuk profil dimensi kognitif menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui pengumpulan data, pengorganisasian data, pengkategorisasian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan kualitas komponen konteks di SMA/MA kota Payakumbuh berada pada ketegori tinggi, kualitas komponen masukan berada pada kategori tinggi kecuali di Sekolah 5 dan 6 pada kategori cukup. Kualitas komponen proses pembelajaran berada pada kategori tinggi di Sekolah 1 dan 2, dan kategori cukup di Sekolah 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Capaian dimensi kognitif siswa kelas XI SMA/MA kota Payakumbuh berada pada kategori rendah, siswa belum mampu memperlihatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Siswa yang memperlihatkan capaian dimensi kognitif lebih tinggi dan mulai terlihat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan siswa yang berasal dari sekolah dengan komponen konteks, masukan, dan proses pembelajaran pada kategori tinggi, serta memiliki motivasi belajar intrinsik yang lebih tinggi dari pada motivasi belajar ekstrinsiknya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

View Item View Item