Keefektifan Project-Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X MAN Wonokromo Bantul

Utami, Nurul Hidayati (2015) Keefektifan Project-Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X MAN Wonokromo Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-hidayati-utami-13708251106.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keefektifan Project-Based Learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir divergen dan berpikir kreatif dalam keterampilan proses sains, pada peserta didik yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas X MAN Wonokromo (2). pengaruh variabel peragam seperti nilai ujian nasional IPA kelas IX SMP, nilai ujian tengah semester genap, IQ dan pretest terhadap kemampuan berpikir divergen dan kreatif pada peserta didik Kelas X yang memiliki karakteristik yang sama dengan kelas X MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest-posttest with non-equivalent group design. Populasi penelitian merupakan Infinite population dengan sampel sebanyak dua kelas yakni kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan Project-Based Learning dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes berpikir divergen dan kreatif yang dilakukan secara tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis kovariat (ANACOVA) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut (1). Model pembelajaran Project-based learning terbukti efektif terhadap mengembangkan kemampuan berpikir divergen dan kreatif pada peserta didik yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas X MAN Wonokromo. (2) Terdapat pengaruh pretest terhadap pengembangan berpikir divergen dan kreatif sedangkan nilai ujian nasional, ujian tengah semester dan IQ bukanlah kovariat yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir divergen dan kreatif pada peserta didik Kelas X yang memiliki karakteristik yang sama dengan kelas X MAN Wonokromo Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, berpikir divergen, berpikir kreatif, keterampilan proses sains.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26370

Actions (login required)

View Item View Item