PENGEMBANGAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN TONGKAT DENGANSISTEM KERJA LINE FOLLOWER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “TUNANETRA” UNTUK OLAHRAGA ATLETIK NOMOR JALAN CEPAT

Ahmad Burhanudin (2015) PENGEMBANGAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN TONGKAT DENGANSISTEM KERJA LINE FOLLOWER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 32 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “TUNANETRA” UNTUK OLAHRAGA ATLETIK NOMOR JALAN CEPAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
E-journal_Ahmad Burhanudin.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_Ahmad Burhanudin.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan alat pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang ada di SLB yaitu sedikitnya alat bantu pembelajaran olahraga atletik nomor jalan cepat yang digunakan oleh tunanetra. Alat bantu yang biasa digunakan dalam pembelajaran jalan cepat adalah tali. Maka dari itu dibuat alat bantu pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru dalam pengajaran olahraga atletik nomor jalan cepat pada tunanetra serta menjadi strategi dalam menarik minat siswa untuk bisa berolahraga. Penelitian ini menghasilkan sebuah tongkat yang telah di modifikasi sesuai dengan mobilitas gerak tunanetra. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, pembuatan produk, validasi ahli, revisi produk, produk akhir, uji coba penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa SLB Negeri 1 Bantul kelas tunanetra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah alat bantu pembelajaran tongkat dengan sistem kerja line follower berbasis atmega 32 pada anak berkebutuhan khusus tunanetra untuk olahraga atletik nomor jalan cepat. Alat bantu pembelajaran ini mendapat penilaian dari ahli adalah baik dengan persentase sebesar 80%. Berdasarkan uji coba yang dilakukan di SLB Negeri 1 Bantul alat bantu pembelajaran ini mendapat persentase sebesar 82% dan dikategorikan “sangat baik”. Dengan demikian alat bantu pembelajaran tersebut layak untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran bagi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Alat Bantu, Pembelajaran, Tongkat, Sistem Kerja Line Follower, Jalan Cepat, Tunanetra
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26368

Actions (login required)

View Item View Item