Bagus Aji Yusman, Setiawan (2015) PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Bagus Aji Yusman S 11502244003.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh : Bagus Aji Yusman Setiawan NIM 11502244003 ABSTRAK Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan modul Teknik Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Yogyakarta; dan (2) mengetahui kelayakan modul Teknik Elektronika Dasar pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul pembelajaran Teknik Elektronika Dasar. Pengembangan modul pembelajaran mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron. Model penelitian tersebut mempunyai empat tahapan dalam penelitian, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan tahap diseminasi. Modul pembelajaran mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya di uji cobakan pada sembilan peserta didik kelas XI dan dua puluh sembilan peserta didik kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar angket/kuesioner skala Likert model empat pilihan. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data penilaian dalam empat kategori, yaitu sangat layak (sangat baik), layak (baik), cukup layak (cukup baik) dan tidak layak (tidak baik). Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, kunci jawaban dan daftar pustaka dengan total keseluruhan 115 lembar, bahasa yang digunakan dalam modul pembelajaran yaitu bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran secara keseluruhan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,64 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, rerata skor total dari hasil evaluasi ahli media sebesar 3,86 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil uji coba lapangan awal sebesar 3,29 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total uji coba lapangan utama sebesar 3,37 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil uji coba lapangan operasional sebesar 3,27 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, serta rerata keseluruhan dari hasil evaluasi oleh ahli materi, ahli media, serta uji lapangan memperoleh rerata skor sebesar 3,48 dari nilai skor maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Kata kunci: modul, teknik elektronika dasar, teknik audio video.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 01:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26332 |
Actions (login required)
View Item |