Dr. Marzuki, M.Ag, . (2010) PEMBINAAN KARAKTER SISWA BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]
Text
04_Marzuki.doc Download (77kB) |
Abstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana model-model pembinaan karakter siswa SD dan SMP yang berbasis pada pendidikan agama yang dikembangkan di DIY sekarang ini. Di samping itu penelitian ini juga ingin menemukan model pembinaan karakter yang seharusnya dikembangkan bagi siswa SD dan SMP yang berbasis pada pendidikan agama di DIY dan di luar DIY. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dua permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan (Research and Deveopment atau sering disingkat R&D). Penelitian ini dirancang untuk tiga tahap. Tahap pertama dilakukan di tahun pertama (2010), tahap kedua dilakukan di tahun kedua (2011), dan tahap ketiga dilakukan di tahun ketiga (2012). Pada tahap pertama penelitian ini berupa penelitian survey yang bersifat eksploratif untuk menemukan model-model pembinaan karakter siswa yang berbasis pendidikan agama yang diterapkan di beberapa SD dan SMP di DIY. Sekolah-sekolah yang dijadikan objek penelitian adalah SD dan SMP di Yogyakarta. Peneliti mengambil sampel 5 SDN, 5 SD swasta, 5 SMPN, dan 5 SMP swasta yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Provinsi DIY. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket, dokumentasi, serta FGD. Data yang ditemukan kemudian dianalisis sesuai dengan pokok permasalahan yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan model khusus dalam pengembangan karakter berbasis Pendidikan Agama di SD dan SMP di Yogyakarta. Pembinaan karakter yang berkembang di SD dan SMP tersebut merupakan pengembangan karakter di sekolah secara umum. Seluruh sekolah yang dijadikan sampel pada penelitian ini tidak ada satu pun yang secara khusus mengembangkan pendidikan karakter yang berbasis Pendidikan Agama. Pengembangan karakter di sekolah dilaksanakan melalui penanaman materi agama yang sarat dengan nilai-nilai karakter, melalui proses pembelajaran semua mata pelajaran, dan juga pembiasaan-pembiasaan yang ada di lingkungan sekolah. Pendidikan Agama hendaknya menjadi basis utama dalam pengembangan karakter bagi siswa di sekolah baik SD maupun SMP. Ajaran dasar agama mulai dari keimanan (aqidah), ritual (ibadah dan muamalah), serta moral (akhlak) harus benar-benar ditanamkan dengan baik dan benar kepada siswa agar tidak ada lagi sikap dan perilaku siswa yang menyimpang dari ketentuan agamanya. Sekolah harus merancang program yang jelas dan pasti demi efektivitas pembinaan karakter di sekolah yang berbasis pada Pendidikan Agama.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 03:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2625 |
Actions (login required)
View Item |