PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 2 WONOGIRI

Dhanar, Tri Atmaja (2015) PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 2 WONOGIRI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dhanar Tri Atmaja 09518244004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS XI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 2 WONOGIRI Oleh: Dhanar Tri Atmaja NIM 09518244004 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1)Mengetahui peningkatan minat pembelajaran gambar menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan model pembelajaran konvensional pada hasil belajar ranah kognitif kelas XI Program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonogiri, (2) Mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan minat belajar gambar kelas XI Program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonogiri Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Wonogiri dengan jumlah sampel sebanyak 63 siswa yang terdiri dari dua kelas. Desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 2 Wonogiri dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan dengan instrumen tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Peningkatan minat belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari perbandingan rerata dan uji t nilai hasil belajar pada 3 ranah. Ditinjau dari rerata diperoleh ranah kognitif 82,55 berbanding 77,03, ranah afektif 80,9 berbanding 74,7, dan ranah psikomotor 86,6 berbanding 77,18. ditinjau dari uji t diperoleh ranah kognitif thitung dengan ttabel sebesar 2,031>2,00, ranah afektif thitung dengan ttabel sebesar 5,2>2,00, dan ranah psikomotorik thitung dengan ttabel sebesar 10,6>2,00. Kata kunci: kognitif, afektif psikomotor, Problem Based Learning, minat gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Sep 2015 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26225

Actions (login required)

View Item View Item