Keefektifan Metode Kreatif Produktif dan Metode Komunikatif Apresiatif dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul

Dewi, Meichati Candra (2015) Keefektifan Metode Kreatif Produktif dan Metode Komunikatif Apresiatif dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-meichati-candra-dewi-13706259037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara penggunaan metode kreatif produktif, komunikatif apresiatif, dan konvensional dalam pembelajaran menulis cerpenkelas VII SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul.Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang paling efektif antara metode kreatif produktif, komunikatif apresiatif, dan konvensional dalam pembelajaran menulis cerpen kelas VII SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Wonosari dan SMP N 2 Wonosari pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015.Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik simplerandom sampling.Kelompok eksperimen diberi perlakuan metode pembelajaran kreatif produktif dan komunikatif apresiatif.Kelompok kontrol diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan menulis cerpen.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalur yang dilanjutkan dengan uji scheffe dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara metode pembelajaran kreatif produktif, komunikatif apresiatif, dan konvensional dalam pembelajaran menulis cerpensiswa kelas VII SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul.Metode pembelajaran kreatif produktif paling efektif secara signifikan daripada metode pembelajaran komunikatif apresiatif dan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kreatif produktif, metode pembelajaran komunikatif apresiatif, metode pembelajaran konvensional, pembelajaran menulis cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Sep 2015 01:41
Last Modified: 10 Nov 2022 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26218

Actions (login required)

View Item View Item