Nur, Hayati, M.Pd and Ni Nyoman, Seriati, M.Hum. and Lusi, Nurhayati, M.Appl.Ling (2011) Profil Bermain Kreatif Berbasis Art Craft untuk Mensimulasi Rasa Cinta lingkungan pada Anak Usia Dini (AUD). [Experiment/Research]
Text
Laporan Hasil Penelitian Artcraft.doc Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi jenis permainan kreatif berbasis art-craft yang dapat menumbuhkan kepedulian dan rasa cinta lingkungan anak usia dini; 2) menganalisa teknik stimulasi yang efektif melalui permainan kreatif berbasis art-craft untuk menumbuhkana kepedulian dan rasa cinta lingkungan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dalam pengambilan data. Subyek penelitian ini adalah pendidik PAUD atau guru Taman Kanak-Kanak yang berada di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman Yogyakarta. Sampling dilakukan secara purposive dengan menggunakan karakteristik tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei, studi literatur, dan Focus Group Discussion (FGD) pada pendidik PAUD atau guru TK untuk menggali bentuk-bentuk permainan yang menstimulasi rasa cinta anak pada lingkungan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan FGD, panduan observasi berupa ceklist, serta angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan berbagai jenis permainan berbasis art craft di TK wilayah kecamatan Ngemplak. Berdasarkan bahannya, jenis permainan itu dikategorisasi menjadi: permainan yang menggunakan bahan alami, bahan artifisial serta bahan mixed media. Berdasarkan karakteristik hasil kreatifitas karya jenis permainan berbasis artcraft ini dibagi menjadi: karya hiasan, karya fungsional serta karya konstruksi. Berdasarkan teknik pembuatannya, permainan art-craft dapat dikategorikan menjadi beberapa teknik antara lain teknik menyusun atau merangkai dan mengkonstruksi benda, teknik kolase, teknik membutsir, teknik memahat, teknik menempel, teknik melipat, teknik merekayasa bentuk lama menjadi bentuk baru dengan fungsi baru serta teknik mencetak dan mengecor. Strategi yang diterapkan guru untuk menstimulasi anak cinta pada lingkungan secara umum dibagi 2 yaitu melaui membuat budaya/rutinitas dan insersi langsung dalam pemainan erbasis art craft. Diantara strategi pembudayaan/rutinitas tersebut misalnya adalah: membiasakan dan mengkondisikan agar semua unsur yang ada di lingkungan sekolah baik anak, guru maupun staf lainnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, mengklasifikasi sampah (sampah organik dan sampah anorganik) dan menempatkannya di tong yang berbeda, membiasakan anak-anak mencuci tangan setelah bermain serta sebelum dan sesudah makan, membiasakan anak untuk menggunakan air secukupnya, membiasakan anak tidak makan makanan instan, memeberi pujian atas karakter positif yang ditunjukan anak. Sementara strategi selama aktivitas bermain diantaranya adalah melakukan permainan berbasis art craft di alam, menanamkan nilai-nilai kecintaan pada alam selama permainan art craft melalui lagu, menggunakan variasi bahan fungsi dan teknik, memberi kebebasan siswa untuk mengekplorasi bakat dan kreatifitas mencipta bentuk, memanfaatkan benda yang ada di linkungan sekitar, melakkan proses scaffolding selama bermain (membantu siswa).
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN PENELITIAN PENGEMBANGAN WILAYAH TAHUN ANGGARAN 2011 |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 14 Sep 2015 07:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2015 07:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26217 |
Actions (login required)
View Item |