Antuni, Wiyarsi, S.Pd.Si. M.Sc and Das Salirawati, M.Si and Eddy Sulistyowati, Apt., M. S. (2011) SURVEI TERHADAP PERAN SERTA ORANGTUA DALAM PENANAMAN KARAKTER SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER SECARA INFORMAL. [Experiment/Research]
|
Text
Laporan Karakter 2011-PSW.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peran serta orangtua yang berprofesi pendidik dalam penanaman karakter pada anak ditinjau dari enam karakter pokok yang ada dan mengetahui ada tidaknya perbedaan cara pandang penanaman karakter kepada anak-anak antara ibu dan bapak. Penelitian ini didesain sebagai penelitian deskriptif dengan metode survei terhadap ibu dan bapak yang berprofesi sebagai dosen di UNY. Variabel penelitian adalah peran serta orangtua yang berprofesi sebagai pendidik (dosen) dari enam fakultas yang ada di UNY dalam penanaman karakter pada anak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen dari enam fakultas di UNY dengan sampel sebanyak 20 dosen per fakultas (10 bapak 10 ibu), sehingga jumlah sampel seluruhnya 120 dosen. Sampel diambil secara area purpossive sampling dengan mempertimbangkan rasio jumlah dosen laki-laki dan perempuan serta usia anak yang dimiliki dosen di bawah 15 tahun. Instrumen berupa angket yang dijabarkan berdasarkan keenam karakter pokok dengan mengacu pada definisi yang terdapat dalam Grand Design Kementerian Pendidikan Nasional tentang pendidikan karakter, yaitu kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kedemokratisan, dan kepedulian. Berdasarkan definisi yang telah ditetapkan selanjutnya dijabarkan dalam 80 butir pernyataan positif. Hasil penelitian menunjukkan besarnya peran serta orangtua yang berprofesi sebagai dosen dalam penanaman karakter ditinjau dari enam karakter pokok yang ada, yaitu untuk responden ibu (perempuan) berperan dalam penanaman karakter kereligiusan, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kedemokratisan, dan kepedulian berturut-turut sebesar 4,4274 (dengan kriteria sangat tinggi); 4,2771 (sangat tinggi); 4,1117 (sangat tinggi); 4,1121 (sangat tinggi); 4,1606 (sangat tinggi); dan 4,1164 (sangat tinggi). Adapun untuk responden laki-laki (bapak) berturut-turut 4,2500 (sangat tinggi); 4,1229 (sangat tinggi); 4,0700 (sangat tinggi); 4,0848 (sangat tinggi); 4,0773 (sangat tinggi); dan 4,1159 (sangat tinggi). Tidak ada perbedaan yang signifikan cara pandang penanaman karakter kepada anak-anak antara ibu dengan bapak yang ditunjukkan dengan harga thitung sebesar 0,993 pada p sebesar 0,323.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Kelompok Kajian 2011 |
Uncontrolled Keywords: | survei, peran serta orangtua, karakter, pendidikan informal |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 01:24 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 01:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26085 |
Actions (login required)
View Item |