Keefektifan Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Yuliani, Tuti Rahma Tri (2015) Keefektifan Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-tuti-rahma-tri-yuliani.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan: (1) motivasi belajar, (2) keterampilan berpikir kritis, serta (3) motivasi belajar serta keterampilan berpikir kritis secara simultan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Purwosari. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest with nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri di kecamatan Purwosari yang terdiri dari 2 sekolah, yaitu; SMP Negeri 1 Purwosari dan SMP Negeri 2 Purwosari. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan STM, dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, lembar wawancara, lembar observasi dan tes dengan bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STM dalam pembelajaran IPA secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan: (1) motivasi belajar, (2) keterampilan berpikit kritis, serta (3) motivasi belajar serta keterampilan berpikir kritis secara simultan pada peserta didik SMP Negeri di kecamatan Purwosari daripada pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item View Item