PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGENDALI MAGNETIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Aris, Pito (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGENDALI MAGNETIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Aris Pito 09501244012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGENDALI MAGNETIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING Oleh : Aris Pito 09501244012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Yogyakarta pada mata Pengendali Magnetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan postest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dan lembar observasi keaktifan siswa untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, mendiskripsikan data dan membuat kesimpulan berdasarkan deskripsi data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator pengamatan keaktifan siswa adalah 80% dan hasil belajar 70 berdasarkan KKM di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving, keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa di setiap pertemuannya. Keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 56,77% kemudian meningkat menjadi 88,06% pada pertemuan ketiga siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest siklus I sebesar 57,42 dan posttest siklus II mencapai 84,39. Hasil belajar siswa tersebut sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal 70,00. Kata Kunci : creative problem solving, hasil belajar siswa, keaktifan siswa, penelitian tindakan kelas, dan pengendali magnetik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 06:34
Last Modified: 30 Jan 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25973

Actions (login required)

View Item View Item