Implementasi Pelatihan Berbasis Andragogi dalam Peningkatan Kemampuan Menyusun Perencanaan Pembelajaran Bagi Pendidik Di Gugus PAUD Cempaka Kecamatan Sewon

Novitasari, Dewi (2015) Implementasi Pelatihan Berbasis Andragogi dalam Peningkatan Kemampuan Menyusun Perencanaan Pembelajaran Bagi Pendidik Di Gugus PAUD Cempaka Kecamatan Sewon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-novitasari-11704259002.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses meningkatkan kemampuan pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran PAUD menggunakan pelatihan berbasis andragogi. (2) peningkatan kemampuan pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran PAUD menggunakan pelatihan berbasis andragogi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis  Mc. Taggart yang terdiri dari suatu siklus yang berkelanjutan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kriteria keberhasilan tindakan berdasarkan ketuntasan hasil belajar. Penelitian tindakan ini dilakukan di Gugus PAUD Cempaka Kecamatan Sewon berdasarkan analisis kebutuhan bersama bahwa terdapat kendala yang dihadapi oleh para pendidik PAUD Non Formal dalam hal menyusun perencanaan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah pendidik PAUD Non Formal. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) proses meningkatkan kemampuan pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran PAUD menggunakan pelatihan berbasis andragogi dilakukan melalui tahap menciptakan iklim belajar yang kondusif, melibatkan peserta belajar dalam menetukan perencanaan, diagnosis kebutuhan, tujuan pembelajaran, desain belajar, pelaksanaan, dan evaluasi (2) peningkatan kemampuan pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran PAUD menggunakan pelatihan berbasis andragogi dilakukan dengan menekankan pada metode diskusi, dialog, berbagi pengalaman, praktik, serta kerjasama dengan peserta belajar lain melalui pembagian kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh bahwa kemampuan peserta belajar dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran pada setiap siklus meningkat. Terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus terakhir peserta belajar mampu menentukan alokasi waktu, tema dan sub tema kegiatan, materi kegiatan belajar, alat dan bahan yang digunakan, serta teknik penilaian yang digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perencanaan pembelajaran, andragogi, penelitian tindakan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25888

Actions (login required)

View Item View Item