Evaluasi Keberhasilan Program Pelatihan Pemuda dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (Studi pada Basic Training HMI Korkom UNM)

Hasdiansyah, Andi (2015) Evaluasi Keberhasilan Program Pelatihan Pemuda dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (Studi pada Basic Training HMI Korkom UNM). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-hasdiansyah-13704251034.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dampak program pelatihan dasar pemuda di HMI Cabang Makassar, (2) tujuan program pelatihan dasar pemuda, (3) keluaran dari program pelatihan dasar pemuda, (4) aktivitas program pelatihan dasar pemuda, (5) masukan pelatihan dasar pemuda, (6) hambatan program pelatihan dasar pemuda, dan (7) merekomendasikan pengembangan model program pelatihan dasar pemuda di HMI Cabang Makassar. Penelitian evaluasi ini merujuk pada konsep Logical Framework Models dan dianalisis secara kualitatif. Pendekatan evaluasi tersebut tersusun secara sitematis dan dilakukan secara terbalik yang meliputi: (a) evaluasi dampak, (b) evaluasi tujuan, (c) evaluasi keluaran, (d) evaluasi aktivitas, (e) evaluasi masukan. Informan penelitian ini terdiri dari (a) 9 orang alumni pelatihan dasar, (b) 1 orang fasilitator pelatihan dasar, (c) 1 orang pengelola pelatihan pelatihan dasar, (d) ketua umum HMI cabang Makassar. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi tidak langsung, dan analisis dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif diantaranya pengumpulan data, pengkodean, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 7 temuan. Pertama, tercipta perubahan yang diinginkan yaitu terbinanya insan akademis, insan pencipta, insan pengabdi, dan insan yang bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT. Kedua, tujuan pelatihan tercapai namun belum mampu bertahan lama. Ketiga, kompetensi keluaran meningkat tetapi belum bertahan dalam jangka waktu yang lama. Keempat, aktivitas pelatihan sudah memenuhi kriteria pembelajaran; akan tetapi, keberhasilan tersebut hanya berakhir di dalam forum pengkaderan. Kelima, masukan pelatihan dikategorikan baik tetapi belum sepenuhnya mengikuti pedoman pengkaderan. Keenam, hambatan pelatihan lebih banyak pada persoalan biaya dan kurangnya kedisiplinan pemateri dengan peserta pelatihan. Ketujuh, memantapkan kajian keislaman, meminimalisir kelemahan administrasi, dan memperketat proses perekrutan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelatihan, basic training, HMI, logical framework models
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item View Item