PENGARUH PERILAKU AGRESIF, IKLIM SEKOLAH DAN KEMATANGAN EMOSIONAL TERHADAP KARAKTER SISWA SMK NEGERI 3 WONOSARI PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI

Ano, Ano (2015) PENGARUH PERILAKU AGRESIF, IKLIM SEKOLAH DAN KEMATANGAN EMOSIONAL TERHADAP KARAKTER SISWA SMK NEGERI 3 WONOSARI PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Ana-09501244003.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERILAKU AGRESIF, IKLIM SEKOLAH DAN KEMATANGAN EMOSIONAL TERHADAP KARAKTER SISWA SMK NEGERI 3 WONOSARI PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI Ano NIM. 09501244003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perilaku agresif terhadap karakter, (2) pengaruh iklim sekolah terhadap karakter, (3) pengaruh kematangan emosional terhadap karakter, (4) pengaruh perilaku agresif, iklim sekolah dan kematangan emosional terhadap karakter siswa SMK Negeri 3 Wonosari Program Keahlian Elektronika Industri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 3 Wonosari Program Keahlian Elektronika Industri dengan populasi sebanyak 119 siswa dan sampel sebanyak 91 siswa dengan teknik proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu perilaku agresif (X1), iklim sekolah (X2) dan kematangan emosional (X3) sebagai variabel bebas dan karakter (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian ini adalah (1) hasil validitas instrumen karakter adalah 34 butir pernyataan valid, 2 butir pernyataan tidak valid (gugur) sedangkan uji reliabilitas instrumen karakter dengan koefisien alpha (α) sebesar 0,871, (2) hasil validitas instrumen perilaku agresif adalah 27 butir pernyataan valid, 2 butir pernyataan tidak valid (gugur) sedangkan uji reliabilitas istrumen perilaku agresif dengan koefisien alpha (α) sebesar 0,850, (3) hasil validasi instrumen ikim sekolah adalah 18 butir pernyataan valid, 0 butir pernyataan tidak valid sedangkan uji reliabilitas istrumen iklim sekolah dengan koefisien alpha (α) sebesar 0,820 (4) hasil validasi instrumen kematangan emosional adalah 22 butir pernyataan valid, 0 butir pernyataan tidak valid (gugur ) sedangkan uji reliabilitas istrumen kematangan emosional dengan koefisien alpha (α) sebesar 0,853. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) perilaku agresif berpengaruh negatif dan signifikan terhadap karakter dengan koefisien korelasi -0,466, (2) iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter dengan koefisien korelasi 0,467, (3) kematangan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter dengan koefisien korelasi 0,570, (4) perilaku agresif, iklim sekolah dan kematangan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter dengan koefisien korelasi 0,684. Kata kunci: iklim sekolah, karakter, kematangan emosional, perilaku agresif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 04 Sep 2015 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25856

Actions (login required)

View Item View Item