“PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN AUTOMATIC MAIN FAILURE (AMF) POWER SYSTEM DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA”

Dedy, Prasetya (2015) “PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN AUTOMATIC MAIN FAILURE (AMF) POWER SYSTEM DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA”. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEDY PRASETYA - 04501241005.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

“PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN AUTOMATIC MAIN FAILURE (AMF) POWER SYSTEM DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA” Oleh : Dedy Prasetya 04501241005 Pembimbing : Zamtinah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil prestasi belajar siswa kelas 3 yang belajar dengan menggunakan multimedia interaktif dengan siswa yang belajar dengan menggunakan modul pada pembelajaran AMF Power System di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian mengambil tempat di SMK Negeri 3 Yogyakarta Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen (Experimental Research) dengan Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga yang berjumlah 139 orang. Sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 69 siswa. Pada kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan media pembelajaran berupa multimedia interaktif materi AMF Power System sedangkan untuk kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan modul AMF Power System. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (pretest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi student (ttest), dengan terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan media interaktif pada materi AMF Power System memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar, yaitu (nilai rata-rata kelas eksperimen (48,55) > nilai ratarata kelas kontrol (45,18) yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Terdapat perbedaan (t hitung (2,90) > t tabel (1,99)) prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan siswa yang belajar menggunakan modul, yaitu prestasi belajar menggunakan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan modul. Kata Kunci : Multimedia interaktif, AMF Power System, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Aug 2015 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25514

Actions (login required)

View Item View Item