PENGARUH GAYA BELAJAR, KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PIRI I YOGYAKARTA

Datuk, Eka Yusmanida (2015) PENGARUH GAYA BELAJAR, KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PIRI I YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Datuk Eka Y-08501244021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH GAYA BELAJAR, KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PIRI I YOGYAKARTA Oleh: Datuk Eka Yusmanida NIM. 08501244021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran gaya belajar, kreativitas, kecerdasan emosi, dan kemandirian belajar siswa kelas X SMK Piri I Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemandirian belajar, (3) pengaruh kreativitas terhadap kemandirian belajar, (4) pengaruh kecerdasan emosi terhadap kemandirian belajar, dan (5) pengaruh gaya belajar, kreativitas, dan kecerdasan emosi terhadap kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMK Piri I Yogyakarta sebanyak 250 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 152 orang ditentukan menggunakan rumus Isaac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) gaya belajar sebagian kecil siswa (48,7%) memiliki kecenderungan kategori cukup, kreativitas sebagian siswa (60,5%) memiliki kecenderungan kategori cukup, kecerdasan emosi sebagian kecil siswa (50%) memiliki kecenderungan kategori cukup, dan kemandirian belajar sebagian kecil siswa (51,3%) memiliki kecenderungan kategori cukup, (2) gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar dengan koefisien regresi sebesar 1,392, (3) kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,664 (4) kecerdasan emosi berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,676, (5) gaya belajar, kreativitas, dan kecerdasan emosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar dengan memiliki nilai Fhitung sebesar 77,513 atau faktor determinasi sebesar 61,1%. Kata kunci: gaya belajar, kreativitas, kecerdasan emosi, dan kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25499

Actions (login required)

View Item View Item