Rahmawati, Puji (2015) PENGEMBANGAN BUKU KENDALI KEDISIPLINAN TATA TERTIB SISWA SD NEGERI TRIHARJO SLEMAN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Puji Rahmawati_11108244114_SKRIPSI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku kendali kedisiplinan tata tertib siswa SD Negeri Triharjo Sleman yang layak untuk digunakan sebagai media pengontrol kedisiplinan siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (development research) yang mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Triharjo yang berjumlah 65 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, angket, dan produk penelitian berupa buku kendali kedisiplinan tata tertib siswa SD Negeri Triharjo Sleman. Langkah penelitian ini adalah studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi I, uji coba kelompok kecil, revisi II, uji pelaksanaan lapangan, revisi akhir dan penyempurnaan produk. Produk buku kendali yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum diuji cobakan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 3,75 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media I mendapatkan skor rata-rata 3,15 dengan kategori baik dan ahli media II mendapatkan skor rata-rata 3,35 termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian guru I mendapatkan skor rata-rata 3,67 dengan kategori sangat baik dan penilaian guru II mendapatkan skor 3,6 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan awal pengisian buku kendali kedisiplinan tata tertib siswa diperoleh skor rata-rata 68,07 dengan kategori disiplin sedang, uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata 73,65 dengan kategori disiplin sedang, dan uji pelaksanaan lapangan mendapatkan skor rata-rata 77,13 dengan kategori disiplin tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa buku kendali kedisiplinan tata tertib siswa SD Negeri Triharjo Sleman layak digunakan sebagai pengontrol kedisiplinan siswa. Kata kunci: buku kendali, kedisiplinan tata tertib, siswa sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25482 |
Actions (login required)
View Item |