PELAKSANAAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR(Studi Kasus di Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Lestari Desa Brobot,Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga)

Bayu Dwi Prasetya, Bayu (2015) PELAKSANAAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR(Studi Kasus di Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Lestari Desa Brobot,Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
bayu dwi prasetya_11102244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan air tawar meliputi proses pemberdayaan, implementasi kegiatan, faktor pendukung, penghambat dan dampaknya bagi masyarakat melalui budidaya ikan air tawar di POKDAKAN Mina Lestari di Desa Brobot Bojongsari Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pembina POKDAKAN Mina Lestari, pengurus dan anggota kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data (data display) dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data menggunakan trianngulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pemberdayaan yang dilakukan POKDAKAN Mina Lestari meliputi penyadaran, pengkapasitasan melalui pembinaan pengetahuan dan ketrampilan, dan pendayaan (2) Implementasi kegiatan kelompok Mina lestari meliputi pertemuan rutin, arisan, simpan pinjam, membayar wajib kas, pembesaran ikan, pembibitan, pemanenan, studi banding ke kelompok pembudidaya lain, gotong royong/kerja bakti, ronda, pembagian kerja dan administrasi kerja. (3) Faktor pendorong: anggota memiliki kemauan untuk maju, memiliki semangat untuk mencapai keberhasilan, bersedia terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan dan bekerjasama dengan anggota lain, ketersediaan lahan luas dan mudah pengairan sebagai penunjang budidaya ikan air tawar. (4) Faktor penghambat: cuaca yang tidak bisa diprediksi, hama dan penyakit, karakter sebagian anggota yang egois dan malas, kekurangan dana, pemahaman anggota tentang budidaya ikan masih rendah dan perawatan kolam yang kurang maksimal. (5) Dampak: aspek ekonomi, menambah penghasilan dan membantu ekonomi keluarga, memberikan motivasi usaha dan membuka lapangan kerja baru, aspek sosial meningkatkan rasa kepedulian antar kelompok, lingkungan dan masyarakat sekitar, aspek politik yaitu kelompok pembudidaya ikan Mina Lestari memiliki partisipasi dalam urusan kebijakan desa Brobot, aspek pendidikan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mengenai budidaya ikan yang dimanfaatkan untuk pemenuhan ekonominya. Penelitian selanjutnya lebih kepada pengembangan usaha yang difokuskan pada peningkatan pengetahun, ketrampilan, ekonomi dan sikap. Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, budidaya ikan air tawar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Aug 2015 11:29
Last Modified: 30 Jan 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24942

Actions (login required)

View Item View Item