Standarisasi Instrumen Integratted Assessment Hasil Belajar Bahasa Konvergen dan Divergen Menggunakan Item Respons Theory 1-PL dengan Program QUEST

Pujiati Suyata, Prof. Dr. and Nur, Hidayanto (2012) Standarisasi Instrumen Integratted Assessment Hasil Belajar Bahasa Konvergen dan Divergen Menggunakan Item Respons Theory 1-PL dengan Program QUEST. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN HASIL PENELITIAN STRANAS 2012.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan sumbangan pada pembangunan dan daya saing bangsa dalam mengatasi rendahnya mutu pendidikan dan pengujian, melalui model standardisasi penilaian hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya instrumen integratted assessment hasil belajar bahasa Indonesia dan Inggris model konvergen dan divergen yang terstandar dengan menggunakan penskalan teori respons butir. Target penelitian ini adalah (a) tersusunnya instrumen integratted assessment, model konvergen dan divergen hasil belajar bahasa Indonesia dan Inggris yang terstandarisasi, menggunakan penskalaan teori respons butir pada jenjang SMP dan (b) terdesiminasikannya instrumen tersebut pada beberapa provinsi yang dijadikan demplot. Dengan demikian, guru SMP pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Inggris dapat melakukan pengujian hasil belajar yang terstandar guna menunjang keberhasilan siswa menempuh Ujian Nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mendasarkan pada model research and development dengan target akhir terdiseminasikannya hasil riset pada sejumlah provinsi. Tahun I dilakukan pengembangkan learning continuum dilanjutkan dengan menyusun instrumen integratted assessment model konvergen dan divergen sesuai learning continuum, disertai dengan pembakuan item menggunakan program QUEST. Berdasarkan teori dan hasil empiris pembakuan item, disusun panduan penilaian hasil belajar untuk kedua mata pelajaran tersebut.. Tahun II adalah tahap diseminasi instrumen tersebut pada tiga provinsi, yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Diharapkan kegiatan diseminasi dapat merangsang guru dalam menyusun instrumen integrated assessment hasil belajar bahasa yang terstandar. Hasil penelitian tahun I adalah (1) Tersusunnya 30 set perangkat instrumen integratted assessment hasil belajar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris SMP, tipe konvergen dan divergen, yang terstandarisasi dengan IRT 1-PL menggunakan program QUEST, (2) Panduan penyusunan instrumen integratted assessment, dan (3) Panduan penggunaan program QUEST untuk analisis butir soal hasil belajar bahasa.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012
Uncontrolled Keywords: Standardisasi integrated assessment, IRT, hasil belajar bahasa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 10 Aug 2015 10:50
Last Modified: 10 Aug 2015 10:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item