Paryanto, Paryanto and Arianto, Leman S and Sunarso, - (2012) Pengembangan Model Pembelajaran CompetenceBased Training (CBT) Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Praktik di Perguruan Tinggi. Artikel Penelitian Strategis Nasional (Stranas).
|
Text
Draft Artikel Penelitian Stranas.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan jangka panjang adalah untuk meningkatkan kualitas lulusan pendidikan vokasi di tingkat Perguruan Tinggi, agar selain menguasai kompetensi akademis juga memiliki karakter yang baik. Hal tersebut dilakukan dengan mengembangkan model pembelajaran praktik sebagai ciri khas dari pembelajaran Competence Based Traning (CBT) atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran berbasis kompetensi dengan mengimplementasikan aspek/nilai karakter dalam proses pembelajarannya, sehingga kompetensi yang dikuasai peserta didik dapat dimaksimalkan. Sedangkan tujuan penelitian tahun pertama adalah: (1) menghasilkan seperangkat prosedur/tahapan dalam pengembangan model pembelajaran CBT berbasis karakter; (2) menghasilkan seperangkat prosedur/tahapan model pembelajaran CBT berbasis karakter. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development selama dua tahun. Tahapan penelitian pada tahun pertama adalah: (1) studi pendahuluan untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengembangan; (2) penyusunan model konseptual; (3) melakukan validasi model melalui kegiatan FGD; (4) merevisi model konseptual; (5) uji coba model konseptual. Lokasi untuk kegiatan penelitian ini adalah di industri manufaktur dan di jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dokumentasi, evaluasi hasil belajar dan wawancara. Pada penelitian ini data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dan kemudian dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah: (1) tahapan dalam mengembangkan model pembelajaran CBT berbasis karakter adalah studi pendahuluan, perumusan kompetensi akademik, perumusan karakter kerja pembelajaran praktik, penyusunan model konseptual, proses validasi model konseptual, revisi model konseptual, uji coba model konseptual; (2) tahapan dalam pembelajaran CBT berbasis karakter adalah eksplorasi aspek karakter terkait dengan karakter kerja praktik, grouping, diskusi penyusunan work preparation, pelaksanaan praktik disertai dengan pendampingan dan pembimbingan, proses assessment; (3) berdasarkan hasil uji coba yang telah dilaksanakan, tingkat keterlaksanaan proses integrasi aspek karakter melalui model pembelajaran CBT berbasis karakter adalah 5% belum terlaksana, 12% terlaksana belum konsisten, 16% terlaksana dengan konsisten, dan 70% telah membudaya.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012 |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Competence Based Learning Berbasis Karakter, pembelajaran praktik |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 10 Aug 2015 10:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2015 10:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24641 |
Actions (login required)
View Item |