Tingkat Kemampuan Guru Penjas Sekolah Dasar Di Kabupaten Bantul

Tomoliyus, M.S and Margono, - and Sujarwo, M.Pd. (2012) Tingkat Kemampuan Guru Penjas Sekolah Dasar Di Kabupaten Bantul. [Experiment/Research]

[img] Text
Halaman judul New Microsoft Office Word Document.docx

Download (32kB)
[img] Text
Daftar ISI New Microsoft Office Word Document.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan New Microsoft Office Word Document.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II Kajian Teoritik New Microsoft Office Word Document.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB III Metode PenelitianNew Microsoft Office Word Document.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV Hasil PeneitianNew Microsoft Office Word Document.docx

Download (115kB)
[img] Text
BAB V. Kesimpulan New Microsoft Office Word Document.docx

Download (16kB)
[img] Text
Daftar PustakaNew Microsoft Office Word Document.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak guru penjas sekolah dasar di Kabupaten Bantul yang memahami pengertian pendidikan jasmani dan penilaian berbasis kinerja. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut di atas, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Ada dua tahap yaitu (1) tahap persiapan peneliti menyusun pedoman wawancara berisi pertanyaan-pertanyaan mendasar yang nantinya akan berkembang dalam wawancara, (2) tahap pelaksanaan peneliti membuat kesepakatan dengan subjek mengenai waktu dan tempat untuk melakukan wawancara berdasarkan pedoman yang dibuat. Subyek penelitian ini adalah guru penjas yang sudah bersertifikasi sekolah dasar Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif analitik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) 84% guru penjas sekolah dasar di Kabupaten Bantul kurang paham terhadap pengertian penjas. Hal ini menyebabkan sebagaian besar (80%) guru penjas sekolah dasar di Kabupaten Bantul dalam proses pembelajaran menggunakan pengertian penjas tradisional; (2) Sebagian besar guru penjas sekolah dasar di Kabupaten Bantul telah mengetahui dan mengenal penilaian berbasis kinerja, tetapi sebagaian besar (84%) guru penjas kurang paham terhadap pengertian penilaian berbasis kinerja. Hal ini karena 92% guru penjas kurang paham tentang cara mengembangkan penilaian berbasis kinerja.Disamping itu 96% guru penjas belum paham cara membuat rubrik.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN KELOMPOK KAJIAN UNY TAHUN ANGGARAN 2012
Uncontrolled Keywords: pengertian pendidikan jasmani, penilaian berbasis kinerja, guru penjas
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 31 Jul 2015 02:23
Last Modified: 31 Jul 2015 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24411

Actions (login required)

View Item View Item