Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal (Studi di Dusun Pagerjirak, Desa Kejobong, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Saugi, Wildan (2015) Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal (Studi di Dusun Pagerjirak, Desa Kejobong, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wildan-saugi-13704251032.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal yang dapat memberdayakan warga perempuan dusun Pagerjirak, Kejobong, Purbalingga. Penelitian ini merupakan participatory action research (PAR) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala dusun, tujuh anggota tim pengelola dusun, dan 15 warga perempuan dusun. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Penyajian data melalui tabel dan diagram. Hasil pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan partisipatoris terdiri dari identifikasi kebutuhan dusun dan penyiapan tim pengelola program dusun. (2) Pelaksanaan proses pemberdayaan melalui pelatihan dimulai dengan menyiapkan tim pengelola, membentuk kelompok usaha, menjalin kemitraan dengan pihak pemerintah dan swasta, membangun rumah produksi, mengajukan ijin produksi, produksi dan pemasaran produk, melakukan studi banding ke industri rumah tangga, melakukan perbaikan dan diversifikasi produk, dilanjutkan dengan pelatihan massal, dan pendampingan. (3) Indikator keberhasilan pelatihan diantaranya adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan warga, serta diperolehnya pendapatan hasil usaha penjualan produk. (4) Keberlanjutan program pemberdayaan perempuan ditunjukkan dengan telah adanya pengembangan produk atau variasi produk dan terbentuknya kemandirian tim.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan perempuan, pelatihan, bahan pangan lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24282

Actions (login required)

View Item View Item