Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas di TK N Pembina Kota Bima

Hanafi, Sri Hardiningsih (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas di TK N Pembina Kota Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-hardiningsih-hanafi-13704251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajarananak TK sertauntukmeningkatkankreativitasanakmelaluipemanfaatan media barangbekas di TK N Pembina Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah 21 anak (11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan) kelompok B TK N Pembina Kota Bima. Sedangkan objeknya adalah media daur ulang. Teknik pengambilan data diambil dengan lembar observasi dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen yang di gunakan adalah lembaran observasi kreativitas anak dan aktivitas guru selama proses pembelajaran. Data di analisis dengan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan membuat mainan dari barang bekas di TK N Pembina Kota Bima. Terjadi peningkatan kreativita anak secara keseluruhan pada pratindakan dengan rerata 28,81 dengan presentase 19,05% . Rerata pada siklus I adalah 83,85 dengan persentase sebesar 73,73%, sedangkan rerata pada siklus II adalah 135,17 dengan persentase sebesar 87,97%. Sementara itu, aktivitas kegiatan guru juga mengalami peningkatan dengan rerata sebesar 72,22 pada siklus I dan 94,44 pada siklus II. Dengan demikian media barang bekas dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aspek kreativitas, barang bekas, anak TK kelompok B
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24268

Actions (login required)

View Item View Item