Evaluasi Program Pelatihan In-House Training (IHT) Pembelajaran Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Provinsi Jawa Tengah

Meilya, Ika rizqi (2015) Evaluasi Program Pelatihan In-House Training (IHT) Pembelajaran Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Provinsi Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-rizqi-meilya-13704251035.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi: 1) tingkat kepuasan peserta pelatihan; 2) tingkat pemahaman materi peserta pelatihan; 3) tingkat implementasi perilaku peserta pascapelatihan; dan 4) peningkatan kompetensi peserta disebabkan oleh adanya pelatihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model Empat Level Kirkpatrick yaitu: level reaksi, belajar, perilaku, dan hasil. Sampel penelitian adalah 119 tutor, 85 peserta didik, 17 koordinator tutor, dan 17 Kepala SKB di Provinsi Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Data kuantitatif diolah dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Validitas instrumen pada level reaksi, perilaku, dan hasil menggunakan analisis faktor, pada level belajar menggunakan product moment. Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) evaluasi tingkat reaksi: kepuasan peserta terhadap materi, fasilitator, metode, dan fasilitas pelatihan dengan menggunakan Penilaian ber-Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian ber-Acuan Normatif (PAN) masuk dalam kategori “puas”. 2) evaluasi tingkat belajar: pemahaman peserta pada materi standar isi dengan menggunakan PAP masuk dalam kategori “tidak menguasai”, sedangkan dengan menggunakan PAN masuk dalam kategori “menguasai”; pemahaman peserta pada materi standar proses dengan menggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “menguasai”; pemahaman peserta pada materi standar penilaian dengan menggunakan PAP masuk dalam kategori “tidak menguasai”, sedangkan dengan menggunakan PAN masuk dalam kategori “menguasai”. 3) evaluasi tingkat perilaku: implementasi perilaku peserta pascapelatihan terkait materi standar isi, proses, dan penilaian berdasarkan persepsi tutor dan peserta didik dengan menggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “mengimplementasikan”; 4) evaluasi tingkat hasil: peningkatan kompetensi peserta disebabkan oleh adanya pelatihan menggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “mengalami peningkatan”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelatihan, in-house training, pembelajaran paket C
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24260

Actions (login required)

View Item View Item