KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhyadi, Prof. Dr. and Fitri, Nurmahmudah (2012) KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN GB MUHYADI 2012.docx

Download (124kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keberadaan tenaga administrasi sekolah, khususnya terkait dengan kualifikasi dan kompetensi tenaga administrasi sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model discrepancy. Responden penelitian berjumlah 28 orang, terdiri dari 12 kepala sekolah dasar dan 8 kepala tenaga administrasi SMP dan 8 kepala tenaga administrasi SMA/SMK. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Keberadaan tenaga administrasi sekolah (TAS) pada sekolah-sekolah yang ada di DIY cukup bervariasi. Untuk jenjang sekolah dasar tidak semua SD memiliki tenaga administrasi. (2) Sejumlah sekolah, baik pada jenjang SMP maupun SMA/SMK tidak memiliki tenaga administrasi tertentu sesuai ketentuan Permendiknas sehingga tugas-tugas yang ada dirangkap oleh petugas yang lain. (3) Kualifikasi pendidikan tenaga administrasi sekolah secara keseluruhan sudah mendekati ketentuan sebagaimana tercantum pada Permendiknas Nomor 24 tahun 2008. Kualifikasi kepala TAS SD. (3 orang) seluruhnya memenuhi pesyaratan, sedangkan SMP baru 37,5%, dan SMA/SMK seluruhnya memenuhi persyaratan. (4) Persyaratan yang pada umumnya belum dapat terpenuhi adalah dimilikinya sertifikat TAS sebagai persyaratan untuk diangkat sebagai kepala TAS. (5) Seluruh jenjang pendidikan memiliki petugas layanan khusus tetapi jumlah dan jenis tugas yang dikerjakan sangat bervariasi, sejumlah sekolah memiliki petugas lengkap yaitu: penjaga sekolah, tukang kebun, petugas kebersihan, pengemudi, dan pesuruh; tetapi sejumlah sekolah yang lain (terutama SD/MI) hanya memiliki beberapa dari 5 jenis petugas tersebut yang berfungsi mengerjakan seluruh jenis tugas yang ada. (6) Kompetensi tenaga administrasi sekolah secara keseluruhan sudah memadai sesuai ketentuan yang ada pada Permendiknas Nomor 24 tahun 2008.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN PENGEMBANGAN KEILMUAN GURU BESAR TAHUN ANGGARAN 2012
Uncontrolled Keywords: kualifikasi, kompetensi, tenaga administrasi sekolah
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:08
Last Modified: 30 Jul 2015 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24244

Actions (login required)

View Item View Item