Putri Damayanti, Rahma (2014) PERBEDAAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I. PENDAHULUAN.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II. KAJIAN TEORI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III. METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V. PENUTUP.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DATA PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
GAIN SKOR.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
halaman depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HASIL UJI INDEPENDENT T TEST.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran foto.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran ke 1.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
ringkasan skripsi.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
rpp inkuiri.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Srt_Ijin_Kepatihan.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
Srt_Ket_Bappeda_Bantul.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
Srt_Ket_Fakultas.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
Srt_Ket_Sekolah.pdf Download (580kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa di SMA N 1 Banguntapan yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dengan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 211 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dengan mengundi kelas mana yang akan dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil undian sampel terpilih kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes prestasi belajar. Analisis data tentang motivasi dan prestasi belajar menggunakan uji t dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada perbedaan motivasi belajar siswa kelas X antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (thitung: 2,350 > ttabel: 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,022 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,022 < 0,05). Besarnya efektifitas dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,3 (sedang) dan kelas kontrol 0,0 (rendah). Kedua, ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas X antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung 3,719 > ttabel 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Besarnya efektifitas dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,3 (sedang) dan kelas kontrol 0,0 (rendah). Kata Kunci: Inkuiri, motivasi belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24100 |
Actions (login required)
View Item |