Khoirumattin, Mutiara (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP DAYA TARIK DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI SEWON BANTUL. S1 thesis, UNY.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
bab satu.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
bab dua.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab tiga.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
bab empat.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab lima.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap daya tarik belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul. 2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul antara lain SMP Negeri 1 Sewon Bantul, SMP Negeri 2 Sewon Bantul, SMP Negeri 3 Sewon Bantul dan SMP Negeri 4 Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan teknik analisis data uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap daya tarik siswa kelas VII dalam pembelajaran PKn antara kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan media pembelajaran power point dengan kelas yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung: 5,836 > ttabel: 1,980), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). 2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran PKn antara kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan media pembelajaran power point dengan kelas yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung: 6,330> ttabel: 1,980), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Kata Kunci: Media pembelajaran, Power Point
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23986 |
Actions (login required)
View Item |