STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

Herlinawati, Niken Eka (2015) STUDI EKSPLORASI PELAKSANAAN PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program paket C di PKBM, keberhasilan belajar warga belajar berdasarkan faktor internal dalam diri mereka sendiri, dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program paket C di PKBM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program paket C di PKBM. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar sejumlah 180 orang, tutor sejumlah 16 orang, dan pengelola PKBM sejumlah 5 orang. Jumlah responden terdiri atas 125 warga belajar yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling, seluruh pengelola PKBM dan tutor yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis tabulasi silang (crosstabs). Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan kegiatan program paket C di PKBM “Taruna Bhakti” Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo termasuk dalam kategori sedang (67%). (2) a. Dilihat dari faktor usia, cenderung ada perbedaan prestasi belajar baik pada keseluruhan mata pelajaran atau pada mata pelajaran ekonomi; b. Dilihat dari faktor jenis kelamin, tidak nampak perbedaan prestasi belajar antar warga belajar pada keseluruhan mata pelajaran dan nampak ada perbedaan antar warga belajar pada mata pelajaran ekonomi; c. Dilihat dari faktor pendapatan, tidak nampak perbedaan prestasi belajar antar warga belajar pada keseluruhan mata pelajaran, tetapi ada perbedaan antar warga belajar pada mata pelajaran ekonomi; d. Dilihat dari faktor pekerjaan, tidak nampak perbedaan prestasi belajar antar warga belajar pada keseluruhan mata pelajaran dan nampak ada perbedaan antar warga belajar pada mata pelajaran ekonomi. (3) Hambatan-hambatan yang berasal dari PKBM, yaitu sarana dan prasarana yang kurang lengkap, jadwal yang sering berubah dan tutor yang terkadang berhalangan hadir. Sementara itu hambatan-hambatan yang berasal dari warga belajar, yaitu warga belajar belum dapat membagi waktu antara pekerjaan dengan belajar, rasa malas dan beberapa warga belajar kurang konsentrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23817

Actions (login required)

View Item View Item