PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG STATUS SOSIAL GURU DAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU

Martya, Heni (2015) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG STATUS SOSIAL GURU DAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_HENI MARTYA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang status sosial guru dan program pendidikan profesi guru (PPG) terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tahun angkatan 2011-2013 sebanyak 263 mahasiswa. Jumlah sampel 148 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Persepsi mahasiswa tentang status sosial guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,430, koefisien regresi (b1) sebesar 0,490 dan nilai signifikansi 0,05. (2) Persepsi mahasiswa tentang program PPG berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 4,729, koefisien regresi (b2) sebesar 0,173 dan nilai signifikansi 0,05. (3) Persepsi mahasiswa tentang status sosial guru dan program PPG secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menjadi guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai Fhitung sebesar 40,253, dengan nilai signifikansi F sebesar 0,05. Sumbangan Relatif (SR) persepsi mahasiswa tentang status sosial guru adalah sebesar 55,04% dan persepsi mahasiswa tentang program PPG adalah sebesar 44,96%. Sementara itu, Sumbangan Efektif (SE) persepsi mahasiswa tentang status sosial guru adalah sebesar 19,66% dan persepsi mahasiswa tentang program PPG adalah sebesar 16,06%. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 35,72%, sedangkan sisanya sebesar 64,28% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Aspek Pendidikan
LPPMP
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23798

Actions (login required)

View Item View Item