PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH DI PAGUYUBAN PENGOLAH SAMPAH MANDIRI (PPSM) MAWAR DUSUN RANDUGUNTING TAMNMARTANI KALASAN SLEMAN

Rokhmatun Khasanah, Rokhmatun (2015) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH DI PAGUYUBAN PENGOLAH SAMPAH MANDIRI (PPSM) MAWAR DUSUN RANDUGUNTING TAMNMARTANI KALASAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rokhmatun Khasanah_10102241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan perempuan melalui program pengelolaan sampah di PPSM MAWAR. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui program pengelolaan sampah di PPSM MAWAR. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengurus, anggota, dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan peneliti melalui trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan Pemberdayaan perempuan melalui Pengelolaan Sampah meliputi beberapa tahapan : a) Tahap penyadaran dan pembentukan dengan sosialisasi, untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana pengelolaan sampah, pentingnya menjaga lingkungan dan mengetahui potensi-potensi yang dimiliki perempuan, b) Tahap transformasi pengetahuan dan ketrampilan berupa pelatihan pengelolaan sampah seperti pelatihan pembuatan kerajinan, composting dan bank sampah, c) Tahap peningkatan kemampuan intelektual dengan pelaksanaan kegiatan program pengelolaan sampah. (2) Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi adanya semangat dan keinginan dari diri sendiri, kesadaran masyarakat dan dukungan keluarga, tersedianya fasilitas dan sarpras. Faktor penghambat meliputi kesibukan masing-masing anggota, kurangnya rasa memiliki PPSM MAWAR, pemasaran produk belum lancar, terbatasnya kendaraan dalam pengambilan sampah. Kata kunci: Pemberdayaan Perempuan, Pengelolaan Sampah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23787

Actions (login required)

View Item View Item