Pengembangan Model Pendidikan Karakter Sejak Dini Melalui Program Terpadu   Sekolah Ibu PAUD Nonformal di Pedesaan

Puji, Yanti Dr. M.Pd. and Yoyon Suryono, Prof.Dr. and Unik Ambarwati, M.Pd. and Nurhayati, Nurhayati (2013) Pengembangan Model Pendidikan Karakter Sejak Dini Melalui Program Terpadu   Sekolah Ibu PAUD Nonformal di Pedesaan. Artikel Penelitian Stranas.

[img]
Preview
Text
Untitled1.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Dalam  UU  No  23  Tahun  2009  sistem  Pendidikan  di  Indonesia  dibagi  menjadi  tiga  jalur  yaitu  formal,  nonformal  dan  informal.  Anak  Usia  Dini  menghabiskan waktu di layanan PAUD (TK, KB, SPS dan TPA) berkisar antara 2‐ 6  jam  dan  sisa  waktunya  dihabiskan  dalam  keluarga  atau  di  rumah.    Keluarga  terutama  peran  Ibu  di  Pedesaan  masih  memiliki  peran  sentral  dalam  proses  pendidikan  anak,  sehingga  Ibu  memiliki  nilai  dan  fungsi  strategis  dalam  menanamkan  pendidikan  karakter  agar  terpadu,  berkelanjutan  dan  efektif.  Penelitian  pada  tahun  pertama  menghasilkan  sebuah  model  pembelajaran  yaitu  Sekolah  Ibu,  dan  pada  tahun  kedua  penelitian  berfokus  pada  uji  expert  dan  uji  terbatas.  Penelitian  menggunakan  metode  R  and  D,  dengan  pertimbangan  bahwa  konsep  parental  education  atau  pendidikan  orang  tua  sudah  ada  tetapi  dalam  penelitian ini program parental education diterjemahkan dalam konsep “Sekolah  Ibu”  yang  disesuaikan  dengan  karakteristik  pedesaan  dan  karakteristik  Ibu.  Metode  penelitian  menggunakan  observasi  orang  tua  dan  observasi  anak,  wawancara  mendalam.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian dan pengembangan ( R & D) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu  studi  pendahuluan,  design  model    program pembelajaran,  validasi,  uji  coba  dan  revisi  dan  tahap  terakhir  adalah  diseminasi.  Pada  tahapan  ini  akan  focus  pada  ujicoba  skala  terbatas.Tahapan  yang  dilakukan  dalam penelitian  ini  adalah  :  1)  Menyiapkan  desa  dan  Sekolah  Ibu;  2)  Menyiapkan  peserta  didik  dengan  melakukan sosialisasi dan mendata peserta didik; 3)Mempersiapkan bahan ajar,  finalisasi  modul;  4)  Implementasi  di  dua  desa  atau  dua  kelompok  Sekolah  Ibu  dengan  jumlah  25  orang/kelompok;  5)  monitoring;  6)  Evaluasi.  Adapun  Kajian  teori  yang  digunakan  dalan  penelitian  ini  adalah  pendidikan  karakter,  konsep  dasar PAUD, Pendidikan Orang Dewasa dan pola asuh orang tua.  Hasil  penelitian  adalah  impelementasi  uji  terbatas  Sekolah  Ibu  yang  berfungsi  untuk  menjembatani  komunikasi  antara  lembaga  PAUD  (TK<  KB  SPS  dan  TPA)  dan  orang  tua  dalam  hal  ini  Ibu  untuk  dapat  melanjutkan  nilai‐nilai  positif  yang  telah  ditanamkan  dan  dibiasakan  di  PAUD  dan  dampak  jangka  panjang  dari  penelitian  ini  adalah  terbentuk  school  culture  dari  lembaga  PAUD  untuk  dapat  memfasilitasi  para  orang  tua  untuk  dapat  menyelenggarakan  Sekolah  Ibu.  Untuk  memudahkan  penyelengggaraan  Sekolah  Ibu  telah  disediakan panduan Sekolah Ibu dan Modul pembelajaran bagi orang tua.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013
Uncontrolled Keywords: Karakter, Sekolah Ibu, PAUD, Nonformal
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:12
Last Modified: 23 Jul 2015 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23706

Actions (login required)

View Item View Item