PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING BAGI ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SATUAN PAUD SEJENIS PERMATA HATI DUSUN KUTU ASEM SINDUADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Citra Monikasari, Citra (2015) PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING BAGI ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SATUAN PAUD SEJENIS PERMATA HATI DUSUN KUTU ASEM SINDUADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Citra Monikasari_NIM 09102244030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program parenting. 2) Untuk mengetahui penerapan program parenting oleh orang tua kepada anak khususnya peserta didik di SPS Permata Hati dusun Kutu Asem Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi : pengelola, pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik kelas besar yang ada di SPS Permata Hati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan parentingdimulai dari tahap perencanaan oleh panitia dari pengelola, pendidik, orang tua peserta didik di SPS Permata Hati; pelaksanaan acara dimulai dari awal hingga akhir sesuai dengan susunan acara, metode yang digunakan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sedangkan media yang digunakan yaitu menggunakan LCD; evaluasi diadakan setelah dilaksanakannya program parenting, hal yang dievaluasi meliputi keseluruhan acara. 2) Penerapan program parenting dilaksanakan oleh orang tua peserta didik, salah satunya yaitu pada saat anak menangis saat direbut mainannya oleh teman, si ibu menenangkan anak dan menasehati anak untuk mengambil mainannya kembali karena mainan tersebut adalah hak si anak dan mengatakan pada temannya apabila ingin meminjam mainannya harus minta ijin terlebih dahulu. Dari tindakan orang tua tersebut diketahui bahwa orang tua ini mengajarkan anaknya untuk dapat bertanggung jawab terhadap mainannya dan agar tidak berputus asa yang sesuai dengan materi dari program parenting. Kata Kunci: Pelaksanaan Program Parenting, Penerapan Materi Program Parenting.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23690

Actions (login required)

View Item View Item