PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM WIYATASARI DUSUN TAPEN DESA ARGOSARI KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Catur Lestari, Catur (2015) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM WIYATASARI DUSUN TAPEN DESA ARGOSARI KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
CATUR LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bentuk partisipasi masyarakat terhadap pendidikan kesetaraan di PKBM Wiyatasari, (2) Faktor- faktor yang mendorong dan menghambat partisipasi masyarakat terhadap pendidikan kesetaraan di PKBM Wiyatasari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola PKBM dan anggota masyarakat yang berada di sekitar PKBM. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi (peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi). Data yang diperoleh dianalisis dengan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk partisipasi masyarakat terhadap pendidikan kesetaraan di PKBM Wiyatasari yaitu: partisipasi berupa uang, tenaga, sarana, dan promosi program; (2) Faktor pendorong partisipasi masyarakat terhadap program pendidikan kesetaraan di PKBM Wiyatasari adalah pengakuan masyarakat akan keberadaan PKBM Wiyatasari di wilayahnya, kepercayaan dan dukungan yang penuh dari masyarakat terhadap pelaksanaan program pendidikan yang ada di PKBM, serta sumber dana lancar baik dari pemerintah maupun masyarakat. Faktor penghambatnya koordinasi antara PKBM dan masyarakat yang belum maksimal dan partisipasi masyarakat yang masih terbatas. Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Kesetaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23689

Actions (login required)

View Item View Item