PENINGKATAN PEMBELAJARAN AKTIVITAS RIMIK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) BAGI PESERTA DIDIK KELAS II MI ISLAMIAH SOMAKATON KECAMATAN SOMAGEDE KEBUPATEN BANYUMAS

Ari Wahyudi (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN AKTIVITAS RIMIK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) BAGI PESERTA DIDIK KELAS II MI ISLAMIAH SOMAKATON KECAMATAN SOMAGEDE KEBUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ARI WAHYUDI NIM. 12604227074.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran senam ritmik merupakan salah satu materi penting untuk disampaikan pada semua jenjang pendidikan termasuk SD/MI. Berdasarkan observasi pratindakan menunjukkan bahwa tedapat masalah pada pembelajaran senam ritmik MI Islamian Somakaton berupa kurang berminatnya siswa terhadap pembelajaran senam ritmik yang berakibat pada jeleknya hasil penilaia senam ritmik. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran senam ritmik diperlukan metode agar siswa berminat dan mempermudah siswa dalam belajar senam ritmik. Penggunaan media audio visual menjadi pilihan untuk meningkatkan pembelajaran senam ritmik disamping merupakan metode yang belum pernah dilakukan oleh guru penjasorkes juga mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran senam ritmik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan prosedur penelitian dilaksanakan dalam serangkaian langkah-langkah dimulai dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan diakhiri langkah refleksi. Subjek penelitian adalah siswa MI Islamiah Somakaton kelas II dengan jumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa RPP, lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan ini adalah apabila rata-rata hasil belajar siswa melebihi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 76. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual (video) mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran senam ritmik menggunakan media audio visual yang dilihat dari proses pembelajaran menunjukan bahwa proses pembelajaran penjas meningkat dari siklus I dengan skor rata-rata 69% meningkat pada siklus II menjadi 88% dan berdasarkan hasil belajar juga meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata nilai 73 menjadi 85,2 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, aktivitas ritmik, media audio visual (video)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item