Mami, Hajaroh and Rukiyati, Rukiyati and Sudaryanti, M.Pd. (2013) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI LAGU DAN DOLANAN. [Experiment/Research]
|
Text
lap stranas Mami 2013.pdf Download (856kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; 1. Menemukan model pendidikan karakter melalui lagu dan dolanan; 2.Menghasilkan pandua npembelajaran karakter melalui lagu dan dolanan; 3. Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam model pendidikan karakter melalui lagu dan dolanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan tahapan: 1. Pelaksanaan Rencana Kegiatan Harian pembelajaran karakter; 2. Analisis data proses pembelajaran; 3. Evaluasi dan Revisi Rencana Kegiatan Harian dan Praktek pembelajaran; 4. Praktek pembelajaran dan menemukan Model Pendidikan karakter melalui lagu dan dolanan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui lagu dan dolanan telah dapat dilaksanakan dengan baik. Nilai-nila karakter baik seperti ketakwaan, kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, rajin belajar, tahan uji, ulet, sabar, patuh pada orang tua, rendah hati, dan saling menasehati yang terdapat dalam lagu dan dolanan telah dapat disampaikan kepada anak didik melalui klarifikasi nilai yang dilakukan oleh guru. Metode pembelajaran nilai yang dilakukan berupa penanaman nilai dan pembiasaan nilai. Rekaman proses pembelajaran yang telah direvisi dapat dijadikan model pendidikan karakter bagi anak usia dini melalui lagu dan dolanan. Model ini dapat dilaksanakan oleh guru tamankanak-kanak dan juga pamong pendidikan anak usia dini (PAUD).
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013 |
Uncontrolled Keywords: | Karakter; Pendidikan; Lagu; Dolanan; Anak Usia Dini |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 01:50 |
Last Modified: | 23 Jul 2015 01:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23670 |
Actions (login required)
View Item |