PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Fitri, Andriyani (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan minat belajar siswa terhadap pembelajaran PKn antara kelas yang menggunakan media majalah dengan kelas yang menggunakan media konvensional ; dan (2) Perbedaan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran PKn antara kelas yang menggunakan majalah dengan kelas yang menggunakan media konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seyegan yang berjumlah 126 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara purposiv sampling, yaitu memilih sampel berdasarkan kriteria untuk mengambil dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richardson KR-20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang sangat signifikan minat belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seyegan antara menggunakan media pembelajaran majalah dengan media konvensional. Minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran majalah lebih tinggi daripada yang menggunakan media konvensional dengan uji t taraf signifikansi 1% (0,000<0,01) diperoleh nilai ℎ = 5,622 dan = 2,660. (2) Terdapat perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seyegan antara menggunakan media pembelajaran majalah dengan media konvensional. Prestasi belajar yang menggunakan media majalah lebih tinggi daripada yang menggunakan media konvensional dengan uji t taraf signifikansi 1% (0.001<0.01) diperoleh ℎ = 3,448 dan = 2,660. Kata Kunci: Media Majalah, Media Konvensional, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23626

Actions (login required)

View Item View Item