MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PENDIDIKANFORMAL DAN NON FORMAL, POTRET KOMITMEN TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN

Sukardi, Prof. Ph.D and Sukamto, Prof. Ph.D and Pardjono, Prof. Ph.D (2013) MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PENDIDIKANFORMAL DAN NON FORMAL, POTRET KOMITMEN TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN. Artikel Penelitian Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HIBAH PASCA TAHUN 3 p sukardi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu potensi pembangunan, sehingga pembangunan semangat kewirausahaan di Indonesia menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Penelitian ini merupakan salah satu upaya pembangunan semangat kewirausahaan di indonesia. Tujuan penelitian tahun ketiga ini adalah: (1) memperoleh uji validasi empirik implementasi integrasi pendidikan kewirausahaan ke dalam matapelajaran maupun kurikulum, (2) memperoleh uji validasi empirik implementasi model pembelajaran kewirausahaan produktif (3) Memperoleh validasi empirik peran kepala sekolah dalam implementasi model pendidikan karakter kewirausahaan di SMK, dan (4) memperoleh aspek-aspek yang mempengaruhi pembelajaran kewirausahaan di pendidikan non formal. penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research& Development), yang berorientasi pada pengembangan produk. Proses pengembangannya dilakukan seteliti mungkin dan produk akhirnya di evaluasi Peluang lokasi penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian terdapat pada SMK-SMK yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menfokuskan pada uji model pembelajaran kewirausahaan terintegrasi secara empirik, oleh karena itu dari kelima SMK-SMK yang terkait dengan masalah penelitian yang ditetapkan sebagai lokasi penelitian. Uji coba model merupakan rangkaian dari kegiatan tahap tes, evaluasi, dan revisi model yang dikembangkan dengan tujuan untuk menguji sejauh mana model pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang mempengaruhi proses pembelajaran kewirauahaan di pendidikan non formal maka diadakan observasi ke PKBM. Penelitian tahun ketiga ini telah menghasilkan: (1) Model hipotetik pembelejaran terintegrasi dapat diimplementasikan di SMK dengan hasil yang berada dalam kategori baik; (2) Model hipotetik kelas kewirausahaan dapat diimplementasikan di SMK(3) Peran kepala sekolah dalam proses pendidikan karakter kewirausahaan di SMK dapat dilakukan melalui tugasnya sebagai manager dan supervisor yang terdiri dari 50 indikator kinerja, (4) aspek-aspek yang mempengaruhi proses pembelajaran di PKBM yang meliputi: program PKBM, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, dana dan waktu, dukungan pemerintah setempat, serta stakeholder.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Tim Pascasarjana 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:41
Last Modified: 14 Jul 2015 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item