Evaluasi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Yogyakarta

Arum, Wulandari (2015) Evaluasi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Arum Wulandari 09501241027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Evaluasi Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Yogyakarta Oleh Arum Wulandari NIM. 09501241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan sarana dan prasarana ruang praktik pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan metode studi kasus. Obyek dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana di ruang praktik yang ditinjau dari luas ruang praktik, kapasitas ruang, rasio, lebar ruang, perabot, peralatan, media pendidikan dan perlengkapan pendukung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), Standar ISO 9001:2008 dan instrumen verifikasi dari BSNP No. 1023-P2-12/13 Tahun 2012/2013 mengenai instrumen verifikasi SMK/MAK tentang penyelenggara ujian praktik kejuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan prasarana yang dilihat dari aspek luas ruang praktik termasuk dalam kategori tidak layak, kapasitas peserta didik termasuk dalam kategori tidak layak, rasio per peserta didik termasuk dalam kategori tidak layak dan lebar ruang praktik termasuk dalam kategori layak. Tingkat kelayakan sarana yang dilihat dari aspek perabot termasuk dalam kategori layak, media pendidikan termasuk dalam kategori layak, peralatan utama praktik termasuk dalam kategori tidak layak dan perlengkapan pendukung termasuk dalam kategori layak. Kata Kunci: Kelayakan, sarana dan prasarana, ruang praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item