Sugeng, Purwanto and Ermawan, Susanto, M.Pd. and CUKUP, PAHALAWIDI (2013) PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SPORT EDUCATION DALAM PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA UNY. Artikel Penelitian Fundamental.
Text
2. Artikel SUGENG PURWANTO.doc Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran muatan nilai-nilai karakter dalam perkuliahan melalui pendekatan sport education. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah mengembangkan desain perkuliahan dengan pendekatan sport education dalam perkuliahan di Jurusan Pendidikan Olahraga UNY. Untuk mencapai target tersebut, penelitian dirancang melalui penelitian deskriptif yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara terpadu (mixing). Subyek penelitian melibatkan ahli (expert) pada bidang pendidikan olahraga. Adapun obyek penelitian pada matakuliah yang menggunakan pendekatan sport education. Pemilihan subyek penelitian melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian untuk mengungkap tingkat pemahaman dosen tentang perkuliahan yang bermuatan pendidikan karakter, menggunakan panduan wawancara. Instrumen untuk mengungkap kompetensi pedagogik, gambaran muatan karakter perkuliahan, dan prototipe nilai karakter menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan yang menggunakan pendekatan sport education dapat memunculkan nilai-nilai karakter. Dengan demikian perkuliahan di jurusan POR dapat dilaksanakan dengan desain perkuliahan sport education dan dapat diterapkan untuk meningkatkan nilai-nilai karakter.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | PENELITIAN FUNDAMENTAL 2013 |
Uncontrolled Keywords: | sport education, pendidikan karakter, pendidikan olahraga |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 01:28 |
Last Modified: | 13 Jul 2015 01:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23333 |
Actions (login required)
View Item |