PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Arbii, Arbii Surya Sanjaya (2015) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Arbii Surya 09501244006.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI Oleh: Arbii Surya Sanjaya NIM. 09501244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas interaksi antar teman sebaya terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying, (2) pengaruh konsep diri terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying, (3) pengaruh kualitas interaksi antar teman sebaya dan konsep diri terhadap kecenderungan terjadinya cyberbullying siswa Program Keahlian Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII Program Keahlian Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari dengan populasi sebanyak 405 siswa dan sampel sebanyak 301 siswa yang diperoleh melalui sampling acak proporsional. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu interaksi teman sebaya (X1) dan konsep diri (X2). Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu perilaku cyberbullying (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Pengujian signifikansi koefisien korelasi secara individu dilakukan dengan uji-t dan secara simultan menggunakan uji-F. Hasil penelitian ini adalah (1) interaksi teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,391 dan kontribusi sebesar 15,3%, (2) konsep diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,321 dan kontribusi sebesar 10,3%, (3) interaksi teman sebaya dan konsep diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku cyberbullying dengan koefisien korelasi 0,471 dan kontribusi sebesar 22,2%. Kata kunci : cyberbullying, interaksi teman sebaya, konsep diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23166

Actions (login required)

View Item View Item