Pengembangan Multimedia Interakif Adobe Flash pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sub tema Aku dan Cita-citaku Kelas IV Sekolah Dasar

Wibowo, Edy wahyu (2015) Pengembangan Multimedia Interakif Adobe Flash pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sub tema Aku dan Cita-citaku Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-edy-wahyu-wibowo-13711251019.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan multimedia interaktif Adobe flash yang layak pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach subtema aku dan cita-citaku untuk kelas IV Sekolah Dasar, dan (2) mengetahui keefektifan produk multimedia interaktif Adobe Flash pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach subtema aku dan cita-citaku untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) eksplorasi, (b) pengembangan produk awal, (c) uji coba produk awal dan revisi, dan (d) produk akhir. Subjek uji coba lapangan awal adalah empat peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 32 peserta didik kelas IV A SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek uji pelaksanaan lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 30 peserta didik kelas IV B SD Negeri Serayu Yogyakarta dan pada kelas kontrol sebanyak 29 peserta didik kelas IV C SD Negeri Serayu Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk multimedia interaktif, soal, dan angket respon produk. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach pada tema Cita-citaku sub tema aku dan cita-citaku layak untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar menurut ahli materi dan multimedia pembelajaran. Multimedia interaktif memiliki efektivitas yang tinggi yakni mampu membuat seluruh peserta didik mencapai ketuntasan belajar yaitu nilai seluruh peserta didik di atas KKM sebesar 65,0. Terdapat perbedaan hasil post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan multimedia interaktif dengan p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, tematik-integratif, scientific approach
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:25
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item View Item