PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI MAHASISWA JURUSAN PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PADA PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP DAN SMA TAHUN 2011/2012

Ina, Yuliwati (2012) PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI MAHASISWA JURUSAN PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PADA PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP DAN SMA TAHUN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) problematika yang dihadapi mahasiswa PPL terkait dengan kompetensi pedagogik; 2) problematika yang dihadapi mahasiswa PPL terkait dengan kompetensi kepribadian; 3) problematika yang dihadapi mahasiswa PPL terkait dengan kompetensi profesional; dan 4) problematika yang dihadapi mahasiswa PPL terkait dengan kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan PKnH yang telah lolos mengikuti pelaksanaan PPL di SMP dan SMA tahun 2011/2012 berjumlah 74 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dari Karl Pearson kemudian dikoreksi menggunakan rumus Part Whole Correlation; sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif melalui perhitungan Mean, Median, Modus, dan Standar Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan PKnH UNY yang telah melaksanakan PPL tahun 2011/2012 di SMP dan SMA: 1) sebagian besar tidak mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi pedagogik. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori tidak menghadapi problematika dengan jumlah 55 mahasiswa; 2) sebagian besar tidak mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi kepribadian. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori tidak menghadapi problematika dengan jumlah 57 mahasiswa; 3) sebagian besar tidak mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi profesional. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori tidak menghadapi problematika dengan jumlah 57 mahasiswa; dan 4) sebagian besar tidak mengalami kesulitan terkait dengan kompetensi sosial. Hal tersebut dapat dilihat dari frekuensi tertinggi terletak pada kategori tidak menghadapi problematika dengan jumlah 52 mahasiswa. Hasil ini memberikan gambaran bahwa mata kuliah-mata kuliah yang disiapkan oleh prodi PKn benar-benar memberikan sumbangan yang positif untuk pembentukan kompetensi calon guru PKn, baik kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, maupun kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item View Item