PENGARUH KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Akhmad, Aziz Hababa (2015) PENGARUH KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Akhmad Aziz Hababa 07504241034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh Akhmad Aziz Hababa NIM. 07504241034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kecerdasan spasial, kecerdasan matematis dan kemampuan menggambar teknik siswa. (2) Mengetahui pengaruh kecerdasan spasial terhadap kemampuan menggambar teknik siswa. (3) Mengetahui pengaruh kecerdasan matematis terhadap kemampuan menggambar teknik siswa. Jenis penelitian ini berdasakan tingkat eksplanasinya tergolong pada jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 128 siswa. Teknik Random Sampling digunakan untuk mengambil sampel penelitian yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Tes Kecerdasan Spasial, Tes Kecerdasan Matematis dan Daftar Inventaris Nilai PPGT. Pengujian validitas isi tes kecerdasan menggunakan pendapat para ahli. Analisis butir soal menggunakan analisis tingkat kesukaran dan uji daya beda. Reliabilitas tes dihitung dengan rumus alpha chroncbach. Perhitungan menggunakan bantuan program komputer ITEMAN versi 3.00. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden yang diambil secara acak. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan sampel independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sebagian besar kondisi kecerdasan spasial, kecerdasan matematis dan kemampuan menggambar teknik siswa berada pada taraf sedang. (2) Siswa yang kecerdasan spasialnya di atas rata-rata mempunyai rata-rata kemampuan menggambar teknik yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang kecerdasan spasialnya di bawah rata-rata, dengan thitung 11,052 dan probabilitas 0,000 (<0,05). Sehingga kecerdasan spasial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menggambar teknik. (3) Siswa yang kecerdasan matematisnya di atas rata-rata mempunyai rata-rata kemampuan menggambar teknik yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang kecerdasan matematisnya di bawah rata-rata, dengan thitung 7,845 dan probabilitas 0,000 (<0,05). Sehingga kecerdasan matematis memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menggambar teknik. Kata kunci: kecerdasan, spasial, matematis, menggambar teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22411

Actions (login required)

View Item View Item