Dwi, Siswoyo and Djoko Sri, Sukardi and Ariefa, Efianingrum (2013) MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERBASIS KULTUR SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF. [Experiment/Research]
|
Text
LAPORAN HASIL HB PAK DWI.pdf Download (485kB) | Preview |
Abstract
Usaha peningkatan mutu pendidikan di sekolah selama ini cenderung menggunakan pendekatan struktural dengan menekankan pada aspek teknis-administratif (format oriented), bukannya pada goal oriented yang lebih mengacu pada pendekatan kultural karena menyangkut values. Peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar tidak dapat dilepaskan dari basis kultur sekolah. Dengan basis kultur tersebut, Kepala Sekolah, guru, siswa, dan orang tua akan merasa memiliki (sense of belonging), sehingga akan memeliharan, meningkatkan, dan mengupayakan terwujudnya peningkatan mutu pendidikan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar berbasis kultur sekolah untuk mewujudkan sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (penelitian dan pengembangan) untuk mengembangkan model peningkatan mutu pendidikan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan nyata di sekolah. Luaran dari penelitian ini adalah tersusunnya draft buku panduan peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar berbasis kultur sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memperbaiki kualitas di sekolah.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING |
Uncontrolled Keywords: | Kultur Sekolah, Sekolah Efektif |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 01:40 |
Last Modified: | 02 Jul 2015 01:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22321 |
Actions (login required)
View Item |