PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS SASTRA REMAJA UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Burhan, Nurgiyantoro and Anwar, Efendi (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS SASTRA REMAJA UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sikap dan pendapat guru SMP/MTs terhadap penentuan prioritas nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra remaja, genre, dan strategi penyajian bahan ajar. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia di DIY dengan sampel sebanyak 30 orang berasal dari Kabupaten/Kota Madya Daerah Istimewa Yogyakarta.Pengumpulan data dilakukan lewat angket, wawancara, dan sumbang saran di FGD.Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan penghitungan persentase.Hasil penelitian adalah sebagai berikut.Pertama, penentuan prioritas nilai-nilai karakter perlu untuk memudahkan pemantauan, pengawasan, dan penilaian.Nilai karakter yang dipilih guru adalah nilai religius, jujur, cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab, serta kreatif, gemar membaca, disiplin, dan mandiri. Kedua, pemilihan genre tampak masih terpola pada pembagian sastra kanonik-dewasa,namun harus mencakup keseluruhan genre sastra remaja.Ketiga, penyajian bahan ajar ditekankan pada prinsip pembelajaran kontekstual dan multintelenjensidengan teknik penilaian otentik.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN HASIL PENELITIAN HIBAH BERSAING
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar, pendidikan karakter, sastra remaja
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 01 Jul 2015 06:10
Last Modified: 01 Jul 2015 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22280

Actions (login required)

View Item View Item