Burhan, Nurgiyantoro and Anwar, Efendi (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS SASTRA REMAJA UNTUK MENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. [Experiment/Research]
|
Text
Laporan Akhir.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sikap dan pendapat guru SMP/MTs terhadap penentuan prioritas nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra remaja, genre, dan strategi penyajian bahan ajar. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia di DIY dengan sampel sebanyak 30 orang berasal dari Kabupaten/Kota Madya Daerah Istimewa Yogyakarta.Pengumpulan data dilakukan lewat angket, wawancara, dan sumbang saran di FGD.Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan penghitungan persentase.Hasil penelitian adalah sebagai berikut.Pertama, penentuan prioritas nilai-nilai karakter perlu untuk memudahkan pemantauan, pengawasan, dan penilaian.Nilai karakter yang dipilih guru adalah nilai religius, jujur, cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab, serta kreatif, gemar membaca, disiplin, dan mandiri. Kedua, pemilihan genre tampak masih terpola pada pembagian sastra kanonik-dewasa,namun harus mencakup keseluruhan genre sastra remaja.Ketiga, penyajian bahan ajar ditekankan pada prinsip pembelajaran kontekstual dan multintelenjensidengan teknik penilaian otentik.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN HASIL PENELITIAN HIBAH BERSAING |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan bahan ajar, pendidikan karakter, sastra remaja |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 06:10 |
Last Modified: | 01 Jul 2015 06:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22280 |
Actions (login required)
View Item |