DAMPAK PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN WARGA BELAJAR (STUDI KAJIAN DI PKBM HANDAYANI, KABUPATEN BANJARNEGARA)

Aulia Syahrani, Aulia (2015) DAMPAK PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN WARGA BELAJAR (STUDI KAJIAN DI PKBM HANDAYANI, KABUPATEN BANJARNEGARA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aulia Syahrani 09102244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui dampak program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) terhadap peningkatan pendapatan warga belajar di PKBM Handayani, Kabupaten Banjarnegara dimana di dalamnya mendeskripsikan tentang pelaksanaan program keaksaraan usaha mandiri, evaluasi program keaksaraan usaha mandiri, faktor penghambat program serta kondisi warga belajar pasca program keaksaraan usaha mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan subyek penelitian yaitu ketua PKBM, tutor dan warga belajar keaksaraan usaha mandiri PKBM Handayani Pingit,Rakit Kabupaten Banjarnegara. Teknik analisis data yangdigunakan adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan program keaksaraan usaha mandiri dilakukan dengan tahapan perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi dimana pasca program keaksaraan usaha mandiri (KUM) di PKBM Handayani memberikan dampak yang positif berupa peningkatan pendapatan warga belajar, tetapi dampak yang diperoleh belum signifikan dalam meningkatkan pendapatan sehari-hari seluruh warga belajar kelompok Al-Ahsan yang berjumlah 10 (sepuluh) warga belajar, hanya ada 6 (enam) warga belajar atau sekitar 60% dari jumlah warga belajar yang mengungkapkan bahwa keadaan ekonomi mereka ada perbedaan, sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan KUM. Dampak dari program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) terhadap peningkatan pendapatan warga belajar tidak hanya berupa uang dengan jumlah yang meningkat dari sebelum dan sesudah mengikuti program tetapi berpengaruh besar terhadap kesejahteraan keluarga, yaitu : (1) adanya perubahan pemenuhan kebutuhan pokok pangan sehari-hari; (2) akses kepemilikan rumah dan terpenuhinya kebutuhan sandang; dan (3) kepemilikan barang berupa perhiasan, kendaraan serta tabungan. Kata Kunci: Dampak, Keaksaraan Usaha Mandiri, Peningkatan Pendapatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item