PENYUSUNAN DESAIN PROGRAM PENYULUHAN ANTI NARKOBA DAN ZAT ADIKTIF LAINNYA DI SEKOLAH MENENGAH SE – KOTA YOGYAKARTA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA KOTA YOGYAKARTA)

Anyda Dyah Surya Febriana, Anyda (2015) PENYUSUNAN DESAIN PROGRAM PENYULUHAN ANTI NARKOBA DAN ZAT ADIKTIF LAINNYA DI SEKOLAH MENENGAH SE – KOTA YOGYAKARTA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
anyda dyah surya febriana_10102241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan evaluasi pelaksanaan penyuluhan anti narkoba oleh BNK Yogyakarta, 2) mendiskripsikan perencanaan pengembangan program penyuluhan anti narkoba, 3) penyususnan desain program penyuluhan anti narkoba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah penyuluh / volunteer, kader pelajar, satgas anti narkoba, Koordinator Sekretaris Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta dan pengelola BNK Yogyakarta. Data diambil dengan wawancara dan dokumentasi. Sebelum instrument penelitian digunakan, dilakukan validasi tahap pertama dengan dosen pembimbing. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan terakhir menyimpulkaan. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan Trianggulasi Sumber, desain program yang telah dibuat kemudian divalidasi dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion). Hasil penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan penyuluhan anti narkoba belum maksimal. Penggunaan metode ceramah dalam menyampaikan materi narkoba yang umum dan waktu yang singkat membuat peserta didik sulit memahami materi dengan baik. 2) penilaian kebutuhan yang dilakukan untuk melakukan perencanaan program didapatkan bahwa metode pembelajaran yang masih monoton dengan metode ceramah. 3) desain program yang dibuat berdasarkan hasil FGD menggunakan metode penyuluhan pembelajaran kelompok. Teknik yang digunakan yaitu teknik studi kasus. Bertujuan untuk memaksimalkan kreatifitas dan keaktifan peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah narkoba pada proses penyuluhan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memberikan masukan: perlu adanya pertemuan antara penyuluh dengan pengelola untuk membahas kurikulum penyuluhan untuk pedoman penyuluhan dan materi yang disampaikan seragam. Desain program yang telah dibuat diharapkan dapat digunakan dengan benar, dan dimanfaatkan dengan baik. Kata kunci: penyuluhan anti narkoba, penyusunan desain program

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item View Item