PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KONDISI FASILITAS LABORATORIUM ELEKTRONIKA DASAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIK TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2

Adi, Candra Swastika (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KONDISI FASILITAS LABORATORIUM ELEKTRONIKA DASAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIK TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adi Candra Swastika - 10502241024.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KONDISI FASILITAS LABORATORIUM ELEKTRONIKA DASAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTIK TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 Oleh: Adi Candra Swastika NIM. 10502241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan (1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik teknik elektronika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang kondisi fasilitas laboratorium Elektronika Dasar terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik teknik elektronika, (3) pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kondisi fasilitas laboratorium Elektronika Dasar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik teknik elektronika siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Videoa SMK Negeri 2 Depok tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kondisi fasilitas laboratorium Elektronika Dasar menggunakan angket, sedangkan variabel prestasi belajar siswa menggunakan dokumentasi hasil belajar semester genap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi sederhana dan regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata praktik pelajaran teknik elektronika dengan kontribusi sebesar 35,51%, (2) terdapat pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang kondisi fasilitas laboratorium Elektronika Dasar terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik teknik elektronika dengan kontribusi sebesar 14,1%, (3) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kondisi fasilitas laboratorium Elektronika Dasar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran praktik teknik elektronika dengan kontribusi sebesar 38,7%. Kata kunci: motivasi belajar, persepsi siswa tentang kondisi fasilitas laboratorium Elektronika Dasar, prestasi belajar, mata pelajaran praktik Teknik Elektronika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22080

Actions (login required)

View Item View Item